Tacit Knowledge

[simage=98,200,n,left,]Aha…ini tegukan terakhir teh hijau di termos baruku. Termos ini dibeli karena terinspirasi dengan warga lokal terutama kalangan “muda->tua” dan professor yang sering minum air melalui termos. Kuyakin minuman favorit mereka adalah Teh hijau. Alhasil tengah malam ini kucoba skenario mereka, minum teh hijau dari termos ukuran sedang…tegukan demi tegukan, alhamdulillah, mantappp, menghangatkan dan menyegarkan serta berimbas mata yang tak kunjung kantuk di pukul 01.17. Waduhhhh gaswat, esok ada janji pukul 7 dan pukul 10 menyerahkan kode ke professor untuk beliau tindak lanjuti selama weekend-nya. Hehehe…weekend coding seems much more than a poetry..hah… 😀

 

Oke, cukup ngasonya. Sini aku ungkap sebuah kontemplasi dini hari ini.

Setiap manusia ada yang mampu mengutarakan keilmuannya dengan sangat gamblang, teratur dan menginspirasi namun banyak pula dari kita, manusia ini yang memiliki ilmu namun ia tidak bisa di-reveal (diungkapkan) dengan mudah dan bisa dipahami oleh khalayak. Jadi ada 2 tipikal manusia secara umum dalam mengungkapkan, men-diffuse apalagi menginspirasi orang, dia bisa dilakukan secara mudah namun di sebagian orang sungguh sulit untuk dilakukan.

Jenis pertama adalah easy to share something explicitly

Jenis kedua adalah it’s quite difficult to cultivate some insights, it’s namely implicit knowledge or tacit knowledge.

Sudah cukup itu saja yang perlu saya dan pembaca pahami, jadi intinya adalah jangan “menakar” kualitas keilmuan, kegigihan dan konsistensi aktivitas seseorang dari kegagahannya dan kapabilitasnya dalam berbicara, karena boleh jadi orang-orang yang diam serta menghanyutkan itu, bisa saja menggebrak dunia tanpa disadari oleh banyak orang sebelumnya. Sehingga orang-orang seperti ini dibutuhkan dan diperlukan seorang knowledge worker untuk me-reveal dan mengolah ilmunya dengan disiplin ilmu “knowledge management“.

Paham ya kira2?

Kalau gak, ambil mata kuliah knowledge management aja ya :D.

[K]

31. March 2011 by Mr.K
Categories: Brain Stretching, Kontemplasi, Lelucon statis | Tags: , , , | 2 comments

Comments (2)

  1. kunjungan blog akh..he2x

    antum ambil jurusan apa akh? knowledge management itu matkul dsana ya?
    btw,ada matakuliah business intelligence ga?

    jzk.

    • Wow ada tamu,
      Jurusan masih sama, computer science, ya knowledge management salah satu mata kuliah disini, tp ini lebih kepada matkul general gak spesifik ke bidang saya,
      untuk memenuhi syarat sks aja..hehe.

      wah BI gak mata kuliahnya, atau karena gak ada research subject yang mengarah kesana, jadi kelas untuk International student gak ada untuk matkul BI ini.
      Gitu akh.

      Udah lulus kah?, siap2 apply kerja aja langsung, jangan nunggu wisuda.

      Jzk atas kunjungannya.

Leave a Reply

Required fields are marked *