[SQ] Mesin yang Sama

Setiap insan memiliki mesin yang sama, sedari lahir mereka memiliki kepemilikan yang sama terhadap mata, hidung, telinga, kaki, tangan dan organ-organ dalam lainnya. Hanya Allah juga punya pengecualian terhadap mereka yang memiliki kemampuan luar biasa dan organ yang terbatas. Bagi manusia pada umumnya, sekali lagi mereka memiliki kesempatan yang sama untuk mengelola dan merawat tubuh. Kalau kita ibaratkan seluruh manusia di bumi ini memiliki mesin kendaraan yang sama, generic tiada beda, pertanyaannya sekarang apakah dari kepemilikan dalam waktu yang sama itu hingga bertahun-tahun lamanya, mesin kendaraan itu tetap sama untuk semua manusia di bumi ini?

Ada mereka yang terjerembab tak berdaya di rumah sakit dalam usia yang sama dengan kita. Ada pula yang memiliki fisik prima, juga dengan usia yang sama dengan kita. Kini kita bertanya apakah pemberian yang sama itu setelah sekian menit, jam dan tahun berlalu, ia memiliki kualitas yang berbeda?. Itulah eksistensi kesadaran, kemampuan merawat dan mengevaluasi segala langkah kehidupan pada jangka waktu tertentu. Kendaraan perlu oli mesin yang diganti berkala kan?, kendaraan juga perlu bahan bakar yang diisi berkala kan?, kendaraan juga perlu dipaksa geraknya hingga mengetahui sejauh mana ia bisa berjalan kan?. Begitu Mesin tubuh kita, mesin jiwa kita, dia harus senantiasa dirawat dan semakin renta usia, semakin tahu kita bagaimana memperlakukan fisik dan jiwa kita. Kita mesti tau kapan kita menggerakkan tubuh yang malas, kita juga mesti tau momen-momen semangat kita mengerjakan sesuatu dan kita juga mesti tau kapan kita rehat sejenak untuk merenung, berpikir dan mengevaluasi.

Jadi tidak ada alasan bahwa kita beda, jadi tidak ada alasan mengatakan orang lain berbeda dengan kita, karena kita sejatinya, di awal mula memiliki mesin yang sama hanya bagaimana kita memperlakukan ia dengan semestinya.

Wallahua’lam

[K-SQ]

15. January 2013 by Mr.K
Categories: Brain Stretching | Tags: | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *