KF#16-Kenali Diri

Rasul pernah didatangi Abu bakar untuk sebuah masalah lalu iapun masuk ke bilik Rasul. Kala itu Rasul sedang berbaring untuk istirahat sembari menjawab permasalahan yang diutarakan Abu Bakar. Setelahnya Ali dan Umar pun mengutarakan masalahnya masing-masing, lagi, masih dengan berbaring sambil beristirahat. Selepasnya datanglah Ustman, kala melihat Ustman dari jauh, Rasul langsung bangun dari tidurnya dan duduk sambil Ustman masuk. Kala ditanya kenapa Rasul langsung bangun kala Ustman datang, Rasul menjawab bahwa ia khawatir Ustman enggan mengutarakan masalahnya kala beliau sambil berbaring, karena Ustman adalah sahabat yang pemalu.

Mengenali diri dan bersikap akan mudah kala kita mengenal lawan bicara. Namun penulis mencoba merenung, mudahkah kita mengatasi pengenalan karakter dan sejauh mana kita perlu beradaptasi dan menyesuaikan diri, dengan tidak meruntuhkan idealisme, keyakinan dan hal-hal yang lebih besar. Ketika menilik sebuah kisah ketedanan ala Rasul, beliau memiliki kemampuan mengenali, merasa dan peka yang besar kala berinteraksi. Dengan memahami karakter lawan bicara akan berdampak pada penerimaan dan keberpihakan lawan bicara terhadap opini, saran konstruktif begitupula dengan kritik konstruktif. Ketika keberpihakan ada dalam dialog ataupun percakapan ringan, akan membuat percakapan berjalan lugas, penuh sangka positif dan saling menasihati. Bukankah Umar pernah bertanya definisi Takwa pada Ubay yang notabene lebih terlambat beriman daripadanya?, bukankah Rasul menerima dengan antusias saran Salman di perang Khandaq?

Sehingga ketika dialog, syuraa, musyawarah bermula pada sangka positif akan hasil yang menguntungkan sesama, semuanya akan berakhir pada kepercayaan lalu selepasnya akan ada runtunan implementasi.

Mari terus berprasangka positif yang semoga nanti menuju pada konklusi,

BUKANKAH ALLAH SENANTIASA MENURUT PRASANGKA HAMBANYA…

Wallahua’lam

 

27. August 2012 by Mr.K
Categories: Brain Stretching, commons story | Tags: | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *