Have you ever heard “mediaeval of Islam”?

Temans, tau gak kisah granada ketika umat islam diusir dengan sangat dramatis oleh Fernando II dan Isabella?

Temans, ketika itu buku keilmuan berbahasa arab yang mengisi “mediaeval of Islam” dihanguskan kecuali buku di bidang kedokteran?

Temans, tau gak Copernicus dalam buku astronomi terinspirasi dan terkesan dengan keilmuan abad tengah dan mengabadikan nama Al-Battani dan cited (mengutip) banyak referensi darinya?

Temans, tau gak selain At-Battani sebenarnya masih ada At-Thusi dan Ibnul Haitsam dibalik kejeniusan Copernicus hingga dikenal sampai anak cucu kita kelak?

Temans, tau gak sinergi manis Baghdad dan Cordoba, di era Abdrurrahman III sebagai khalifah tersukses di Eropa membangun Madinatuzzahra di Cordova dan di Baghdad kita disinari ilmu science warisan dan pengembangan dari scientists islam kala itu?, dan Jerman masih menggunakan karung goni untuk pakaiannya dan magis/ahli nujum masih menjadi tolak ukur?

Temans, tau gak mata kita melihat karena adanya sinar horizontal yang men-drive teknologi kamera hingga hari ini. Darimana itu?, dari Ibnul Haitsam teman, dialah yang memulai teori matematika geometri dan korelasinya pada fisika.

Temans, tau gak distilasi dan ekstraksi aroma parfum itu sudah dikenal oleh umat islam di abad pertengahan sebelum populer di abad setelahnya?, Islam yang memulai itu semua.

Temans, aku khawatir kau juga belum tau siapa yang memulai penghitungan jarak/luas bumi dengan “scientific proven” yang luar biasa?, itu dimulai dari Al-Biruni teman, dan hasil tersebut hanya meleset sedikit dari perhitungan abad modern.

Temans, bagaimana dengan penghitungan setahun adalah 365 hari?, itu juga dari abad pertengahan islam temans.

Hmm aku khawatir kau juga tidak tau penomoran latin itu darimana, 1, 2, 3 dan kawan-kawannya.

Daripada kau linglung kusarankan kau menonton sequel ini, daripada disebut kagak kenal sejarah penunjuk jalan kehidupannya sendiri (my sincerest apologies, sometime underestimate statement is becoming great weapon to encourage people to study hard, that’s what my teacher did few years ago to me 😀 ).

Languange of Science :

The empire of reason :

The Power of doubt :

Temans jikalau kau sudah menonton semuanya dan merasakan manfaat dan menjadi ilmu baru, kutunggu kesimpulanmu dalam sequel tahun 2007 oleh BBC ini. Oh ya, jikalau negaramu memiliki bandwidth kecil kusarankan kau install IDM lalu ia otomatis akan ter-plugged di Mozilla Firefoxmu dan dengan mudahnya kau bisa download film ini tanpa perlu menikmati sesegukan bandwidth-mu :D.

Wallahua’lam

K (Thanks to my brother Mohannad Bostah (Ph.d candidate) from Jordan for sharing this sequel)

30. January 2011 by Mr.K
Categories: Brain Stretching, commons story, IT Insight | Tags: , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *