#AiHe_4 Sosok kakak di perantauan

Ketika usiaku masuk 18 tahun, hatiku tak karuan dan sangat ingin merantau. Setelah kuingat-ingat kenapa, jawabannya selalu sederhana yaitu ingin “merawat” diri sendiri. Aku belum tau tentang kehidupan di luar tanah kelahiranku, aku tak tau bedanya, apalagi dinamikanya. Keputusanku rasanya benar, aku memutuskan merantau ke kota penuh hiruk pikuk dan dinamis, ibukota Jakarta. Tahun 2003 adalah tahun fenomenal lembaran hidupku ketika memutuskan landing di bandara Cengkareng dan tak kembali (kecuali sebentar) selama 7 tahun lamanya. Hari pertama, tepatnya malam pertama aku nge-kos tak banyak yang tau, bahwa malam itu aku menangis. Menangis tanpa sebab walau hanya sebentar, aku kehilangan sosok yang penyabar tanpa batas, ibuku. Aku kehilangan sosok gigih nan disiplin ayahku. Malam itu aku sendiri, di sebuah kamar kecil, benar-benar sendiri.

Continue Reading →

22. April 2020 by Mr.K
Categories: AiHe | Leave a comment

#AiHe_3 Khazanah Ilmu yang terbuka

Di beberapa kampus terbaik di Indonesia mungkin membahas sebuah jurnal ilmiah di strata-1 (S1) bukanlah barang baru. Bahkan teman-temanku yang akhirnya melanjutkan studi ke Taiwan, mereka telah pernah berkolaborasi dengan dosennya untuk mempublikasi tulisan walau masih mahasiswa S1. Aku baru mengenal jurnal, tulisan seminar dan saudara-saudaranya pada tahun 2010. Saat itu aku memutuskan untuk melanjutkan studi S2 setelah mengambil pengalaman kerja selama 3 tahun. Disinilah aku mengenal pembimbing bercitarasa “sahabat”, Prof. Lin namanya. Di semester awal aku harus menentukan dosen pembimbing, dan karena program internasional di kampusku baru saja dibuka, maka hanya ada segelintir dosen yang memiliki kecakapan berbahasa Inggris. Prof. Lin memiliki kecakapan berbahasa Inggris dan dia adalah dosen “baru” di kampusku. Jadi selain mengajar ia mulai mempromosikan risetnya untuk sekaligus merekrut para mahasiswa internasional ke lab-nya. Aku adalah mahasiswa internasional pertama yang dibimbingnya, dan aku nihil pengalaman dalam melakukan penelitian. Jadi kami memiliki kesamaan, kesamaan dalam kegigihan yang tak terbatas, karena Prof. Lin bekerja keras untuk settle di lab barunya setelah sekian lama bekerja di penelitian industri, dan aku dengan semangat 45 ingin lulus on-time S2 dengan nilai yang memuaskan. Perjalanan kami pun dimulai dan tak jarang melewati masa terjal ketika aku harus membuka lagi pelajaran-pelajaran matematika dan statistika sebagai ilmu dasar penelitian kami di bidang visi komputer (computer vision). Selain itu aku harus mulai mengasah skill menulis secara ilmiah. Seolah-olah diberikan petunjuk oleh Allah swt, aku mengasah menulis ilmiah berbarengan dengan menulis secara bebas/informal lewat blog-ku. Selama 2 tahun menimba ilmu aku rutin menulis tiap pagi di blog dan menghasilkan ratusan tulisan singkat dan bagiku itu adalah tulisan yang sangat mengesankan. Aku memberi tajuk tulisan-tulisan ini dengan singkatan TRP (Tulisan Rutin Pagi). Sebuah tulisan rutin yang selalu kutulis setelah shalat shubuh dan tilawah al-quran, dan hampir semua tulisan itu terinspirasi dari arti/makna ayat-ayat al-quran yang kubaca hari itu. Oleh karena itu, bagiku tulisan-tulisan itu sangat monumental dan membentuk cara pikirku selama studi. Tulisan-tulisan ini pulalah yang menjadi motor semangatku dalam merenungi hidup, berkontribusi dan meraih ilmu sebanyak-banyaknya. Alhamdulillah dengan bimbingan Prof. Lin, rutin menulis di pagi hari dan terus memperbaiki tulisan, aku mampu menyarikan trik dan kebiasaan terbaik dalam menulis sebuah tulisan ilmiah. Trik-trik itu mungkin tidak berlaku bagi semua peneliti namun beberapa kaidah-kaidahnya telah kusebarkan melalui kelas Tata Tulis Ilmiah yang kuajar di tiap semester Ganjil sekembali ke Indonesia.

Continue Reading →

13. April 2020 by Mr.K
Categories: AiHe | Leave a comment

#AiHe_2 Dokter, Daí dan Abi

Namanya Ahmed, tubuhnya besar dan tegap dengan pancaran wajah yang cerah, cerah sekali. Aku melihatnya pertama kali di masjid Kaohsiung, Taiwan kala kami melakukan buka puasa bersama. Saat itu ia dan keluarga duduk di meja yang berbeda namun karena posturnya yang besar dan berbeda, maka sangat mudah terlihat. Ia kelahiran Mesir dan menempuh studi dokter hingga doktoralnya di University of Cairo. Dikarenakan kondisi negaranya yang tidak menentu saat itu, akhirnya ia mengadu nasib ke negeri kecil Taiwan dan melakukan riset sebagai mahasiswa post-doktoral di rumah sakit chang-geng, Kaohsiung. Jika takdir pasti kan terjadi, dan kami pun berkenalan. Ya Allah, ia sosok yang sangat ramah, teduh dan bersemangat, gumamku dalam hati. Kala menulis ini, air mataku nyaris keluar, karena aku rindu sosok sepertinya yang kian hari kian jarang. Sosok manusia yang cemerlang di ilmu dunia dan tidak pernah meninggalkan ilmu akhiratnya, ia seorang hafiz 30 juz, dengan anak dan istri masing-masing satu, bergelar dokter dan Doktor, sungguh membuatku terpana. Aku yakin perjalanan hidupnya tidak mudah, namun Allah senantiasa menaunginya dengan kalam-Nya, alquran 30 Juz berada dalam hatinya. Setelah mengenal sangat dekat, ia pun mengundang kami ke apartemennya yang sangat dekat dengan rumah sakit dan danau chenqing. Di sini aku belajar bagaimana memuliakan tamu, istrinya yang tak kalah ramah dan anaknya yang jenaka menyambut istriku dan Akif dengan senyum ikhlas dan makanan khas Mesir yang mereka masak sendiri. Aku sangat ingat, makaroni yang dicampur dengan keju lalu semangkuk sup sejenis kedelai yang sangat nikmat.

Continue Reading →

07. April 2020 by Mr.K
Categories: AiHe | Leave a comment

#AiHe_1 Kenangan pada Guru

Namanya Alit Bondan, ia adalah guruku semasa kuliah S1 dulu. Ketika hampir semua teman memilih duduk di garda terakhir (alias bangku belakang), aku dengan bangga seorang diri duduk dalam radius 2 meter di depannya. Aku suka kala ia mengajar, aku suka kala ia menjelaskan dan memainkan spidol hitam di whiteboard. Ia mengajar mata kuliah Kalkulus, yang pembaca pasti tidak akan bertanya-tanya lagi kenapa mayoritas mahasiswanya duduk di bangku belakang kan?. Namun aku mencintai matematika sedari dulu, aku suka momen kala aku menggurutu sendiri di depan secarik kertas dan aku suka momen aku menggaruk kepala dan berpikir keras untuk menyelesaikan sebuah problem turunan ataupun integral.

Continue Reading →

04. April 2020 by Mr.K
Categories: AiHe | Leave a comment

Rindu pada Rasul-Mu

Rindu pada Rasul-Mu, akan akhlak yang luhur tiada dua
Rindu pada Rasul-Mu, sabar terbaik tanpa ada celah tuk menggerutu
Rindu pada Rasul-Mu, mencintai setulus hati menjadi cambuk diri tuk makin mencintai
Rindu pada Rasul-Mu, tentang gigih, berani tanpa lubang keluhan
Rindu pada Rasul-Mu, melihat dengan yakin kan melemahkan cacat yang mungkin ada
Rindu pada Rasul-Mu, terbaik untuk diri terbaik untuk keluarga terbaik untuk ummat
Rindu pada Rasul-Mu, mendengar atau bertemu sejenak dalam majelis-nya saja sudah cukup
Rindu pada Rasul-Mu, akankah ada masa tuk bertemu, duduk di dipan-dipan yang berwarna hijau?. Si dhaif yang mungkin hanya mengkhayal
Rindu pada Rasul-Mu, ketika mendengar syair sederhana tentang kisah cintanya pada Aisyah..Cinta itu sederhana..sederhana sekali.

Continue Reading →

01. April 2020 by Mr.K
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Dulu menuntut ilmu sekarang berbagi ilmu

Alhamdulillah sebuah reportase singkat perjalanan (emosional) saya kembali ke Taiwan masuk di harian terbesar Aceh, Serambi Indonesia.

Continue Reading →

05. January 2019 by Mr.K
Categories: Brain Stretching, IT Insight | Leave a comment

With Prof. Widodo

I’m fortunate to meet him again (reunion), not in Jakarta but at my hometown (Aceh). Prof. Widodo Budiharto is one of the youngest Full Professor in Indonesia. My former teacher, tutor and colleague. One lesson learned; stick to the target (he often set his account name with “Prof.” from a decade ago, e.g., email account, yahoo messenger, etc.). Now, he made it ^^.

Continue Reading →

12. September 2017 by Mr.K
Categories: IT Insight, Kontemplasi | Leave a comment

For the sake of Dakwah

IMG-20160619-WA0000Dahaga persaudaraan Islam di Kaohsiung

20. June 2016 by Mr.K
Categories: Brain Stretching, commons story | Leave a comment

Ar-Royyan: Kala dahaga Iman terpenuhi

LASKAR AR ROYYAN

Continue Reading →

10. June 2016 by Mr.K
Categories: Brain Stretching, commons story | Leave a comment

Sya’ban sesuatu…

Dalam hati selalu berharap masih bisa bertemu Ramadhan, di sela-sela menunggu hadirnya alhamdulillah another journal accepted (check academic attainment), Continue Reading →

31. May 2016 by Mr.K
Categories: Brain Stretching, commons story | Leave a comment

← Older posts